Foto : Cicipi bothok Bu Yuni sudah murah dan enak.


Suaramuda.com - Kuliner Bothok Iwak Kali Bu Yuni Pinka (Pinggir Kali) sudah cukup terkenal , di Desa Moyoketen , Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

Warung Bothok Bu Yuni berdiri sudah 10 tahun , dan buka dari jam 08.00 wib sampai 17. 00 Wib. sore. Seharinya warung ini menyiapkan sekitar 175 bungkus jenis bothok telur ikan, bothok patin, bothok udang, bothok kuthuk, bothok lele, bothok tuna, bothok salmon, bothok tombro, bothok tawon, dan bothok jeroan, dan tersedia beberapa jenis minuman.

Warung sederhana pinggir kali (Pinka) menyuguhkan menu tradisional bothok khas Tulungagung, dibungkus daun pisang untuk menjaga kualitas rasa, sehingga selalu menjadi jujukan para penikmat kuliner baik itu dari Tulungagung ataupun dari kuat kota. 

Pemilik warung bothok Iwak Kali Yuni Haryati mengatakan , botok botok yang dibuatnya merupakan menu makanan sehari hari dan tidak ada bumbu rahasia. sebab bahan yang di masaknya mudah di dapat bahkan di antar oleh para pemburu, jadi, tinggal mengolahnya.

" Mudah mudahan bothok Iwak Kali Bu Yun terus menjaga kualitas, rasa, dan pelayanan yang baik, tentunya Bothok saya menjadi rekomendasi bagi penikmat kuliner yang ikut melestarikan kuliner tradisional di Kabupaten Tulungagung. Di antara menu bothok yang paling laris dan disukai adalah bothok telur ikan dan bothok tawon,"ucap Yuni.

Di bantu saudaranya, warung Bothok Bu Yuni tak pernah sepi pengunjung, ada yang di bawa pulang, ada yang pesan untuk acara, hingga sekedar pesan untuk oleh oleh.

Seorang pelanggan Esti mengaku rasa gurih dan pedasnya terasa, "rasa nikmatnya tak diragukan lagi, bumbunya terasa banget. Makan botok tawon dan telur ikan memiliki protein cukup tinggi . ternyata harganya murah, dan ramah di kantong," pungkasnya. (Indh).