Foto : Kembul Bujono bersama  para santri Ma'Dinul 'Ulum.

Suaramuda.com - Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriyah, Pondok Pesantren Ma'dinul Ulum, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, menggelar "Kembul Bujono" atau makan bersama dalam satu wadah, wujud rasa syukur atas keberkahan dan keselamatan, Senin, 22 Juli 2024.

Kegiatan makan bersama khas Pesantren Ma'Dinul 'Ulum tersebut diikuti sekitar 660 siswa siswi mulai dari PAUD, Raudhatul Athfal (RA), dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI), duduk bersila berhadapan dengan menu sajian nasi , srondeng, mie goreng p, sambal tahu goreng, telur dadar disajikan menggunakan alas daun pisang dan dinikmati bersama - sama.

"Kembul Bujono merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas nikmat rejeki yang diberikan, sekaligus menjalin persaudaraan yang baik antara siswa dan para guru Ma'Dinul 'Ulum," kata Kepala MI Ma'Dinul 'Ulum Choirul Anam.

Seperti tahun tahun sebelumnya bahwa sumber dana kegiatan makan bersama merupakan swadaya dari bapak ibu guru, dan semua yang memasak adalah bapak ibu guru, juga di makan bareng bareng oleh siswanya. 

"Intinya, guru tidak minta dilayani tapi guru juga melayani siswa siswinya. Ini adalah wujud rasa syukur kami, di beri keselamatan, di beri kesehatan, serta di beri keberkahan,mudah mudahan tahun depan lebih baik," ujar Choirul.

Sementara itu, Anita salah satunya wali murid PAUD mengaku senang bisa bertemu dengan seluruh santri Ma"Dinul 'Ulum dan para guru. Kegiatan ini dinilai sebagai ajang silaturahmi. 

"Para orang tua khususnya PAUD hadir mendampingi anak anak makan, alhamdulilah pada habis, menunya sederhana namun berkesan. Mudah mudahan kedepannya kegiatan ini bisa di tingkatkan, dan lebih baik," harapnya. (Indh).